'

Angkat Potensi Ekonomi Kreatif Tanjungpinang Melalui Festival Samudra Aksara

Gallery, Tanjungpinang, – Festival Samudera Aksara merupakan perayaan dari sebuah proses kolaborasi dan kerja keras para kolabolator pelaku kreatif di kota Tanjungpinang bersama tim IKKON Bekraf untuk berkreasi bersama pelaku kreatif tempatan dengan mengangkat tajuk budaya tradisi di kota Tanjungpinang.

IKKON yang diinisiasi Bekraf ini berdampak positif bagi daerah-daerah di Indonesia, termasuk Kota Tanjungpinang. Program ini merupakan investasi berkelanjutan bagi perkembangan ekonomi kreatif dan kepariwisataan Kota Tanjungpinang.

Program ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para perajin dan designers berkreasi, bersama untuk membuat berbagai produk yang bernafas keragaman budaya kota Tanjungpinang.

Karena melalui Festival ini, para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi, dan berkolaborasi sehingga masing-masing pihak yang terlibat mendapat manfaat secara berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut Walikota mengucapkan terimakasih, kepada Bekraf RI yang telah memilih Kota Tanjungpinang sebagai daerah pelaksanaan program IKKON 2019, karena Kota Tanjungpinang sangat membutuhkan pendampingan dalam menggali potensi ekonomi kreatif daerah.

Melalui program IKKON ini bakat dan ide-ide kreatif tentang seni ekonomi kreatif yang dimiliki Kota Tanjungpinang, bisa berkembang dan secara tidak langsung mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

Dengan harapan semoga kepada tim IKKON Bekraf yang selama empat bulan berada di Kota Tanjungpinang, setelah kembali ke daerahnya masing-masing dapat mempromosikan Tanjungpinang agar lebih dikenal secara luas.

Selain itu kepada para kolabolator pelaku ekraf di Kota Tanjungpinang, agar dapat memanfaatkan ilmu dari kolaborasi dengan tim IKKON Bekraf sebagai aktualisasi diri, sehingga memiliki daya saing serta kompetensi dalam menghasilkan produk yang mendukung kemajuan pariwisata Kota Tanjungpinang.

Karena Inti dari kegiatan IKKON ini, yakni kolaborasi antara Bekraf pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pelaku kreatif yang berbasis urban, digital dan akademik, masyarakat berbasis tradisi lisan, pelaku bisnis, dekranasda, perbankan, pers, akademisi, dan asosiasi yang menjadi pelaku ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep baru yang diharapkan dapat diminati oleh kaum muda yang dapat mengabungkan antara pengetahuan, kreatifitas, dan digital dengan kekayaan budaya dan merebut kembali kejayaan pedagang Muslim Melayu.

Turut hadir pada kegiatan ini, unsur FKPD, kepala OPD, Ketua Dekranasda kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Steering Commite Bekraf, Hastjarjo Boedi Wibowo, Mentor IKKON Bekraf, Yazid Sururi, para pelaku ekonomi kreatif, serta tim IKKON Bekraf Republik Indonesia.

Narasi Foto : Afrizal/Diskominfo.

 

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Angkat Potensi Ekonomi Kreatif Tanjungpinang Melalui Festival Samudra Aksara"