oleh

60 Orang Kelompok Tani Ikuti Pembinaan Peningkatan SDM

Tanjungpinang, (TK)

Sebanyak 60 orang kelompok tani, peternak dan nelayan Kota Tanjungpinang, mengikuti kegiatan pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kelompok tani, peternak dan nelayan tahun 2015.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Energi (KPPKE) Kota Tanjungpinang selama 3 hari, mulai 1-3 Desember 2015 itu, secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah di Ballroom Hotel Sunrise City Tanjungpinang, Selasa (1/12).

Lis menyampaikan, kegiatan ini bukan hanya sekedar program dari pemerintah daerah dan pusat semata, akan tetapi harus menjadi bagian dari apa yang bapak/ibu lakukan.

“Ini bukan hanya sekedar ceremonial semata, tetapi ada manfaatnya. Pemerintah memberi bantuan kepada bapak/ibu, agar usaha bapak/ibu dapat berkesinambungan. Bagaimana mengembangkan usahanya, memasarkannya dan ini bukan hanya untuk SDM saja, akan tetapi bagaimana bapak/ibu bisa
memanajemen usaha dengan baik,” kata Lis.

Karena Menurutnya, setiap program yang dibuat pemerintah, tak lain bertujuan untuk dapat mewujudkan kesejahteraan, masyarakat. Hal ini dilakukan pemerintah dalam bentuk program kegiatan, agar masyarakatnya memiliki jiwa entrepreneur, jiwa usaha.

“Manfaatkan momentum ini, sehingga program iniada hasilnya paling tidak memberikan dampak dan perubahan bagi bapak/ibu dalam mengembangkan usahanya,” ujar Lis.

Lanjut Lis menyampaikan, tanyakan hal-hal yang menjadi kendala di lapangan kepada narasumber, bapak/ibu harus bisa mengevaluasi kendala sebelumnya, supaya bapak/ibu bisa sampaikan kembali kepada pemerintah. Jadi pemerintah bisa memberikan solusi dan usaha bapak/ibu bisa berkembang.

” Jadi jika bapak/ibu butuh modal untuk mengembamgkan usahanya, pemerintah bisa memberikan bantuan lagi,” kata Lis.

Terpisah kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Energi (KP2KE) Kota Tanjungpinang, Adnan mengatakan kegiatan ini dilakukan agar mampu meningkatan pengetahuan, sikap serta memotivasi petani, peternak, maupun nelayan dalam bekerja dan berpartisipasi terhadap kelompoknya.

“Sehingga pembinaan ini dapat mengarah pada peningkatan kemampuan anggota dalam mengembangkan agrobisnis yang nantinya mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga,” kata Adnan.

Acara tersebut dihadiri, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, serta Lurah di lingkungan Pemerintahan Kota Tanjungpinang.

Wako Tanjungpinang Lis Darmansyah beri kata sambutan
Wako Tanjungpinang Lis Darmansyah beri kata sambutan

(AFRIZAL)

Komentar