Tidak ada komentar 63 views
,5 / 5 ( 1voting )

Tanjungpinang, Tuah Kepri – Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd berpesan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tanjungpinang, kelola keuangan daerah dengan baik dan akuntabel di Hari Kesadaran Nasional.

Pesan itu disampaikan Syahrul, saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) Tanjungpinang, yang diperingati setiap bulannya tepat pada tanggal 17 hari bulan yang digelar di Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, Senin (17/2/2020) pagi.

Dalam amanatnya Syahrul mengatakan, kepala BPKAD di dalam ketentuan perudang-undangan memiliki beberapa fungsi meliputi, melaksanakan pengelolaan keuangan daerah dan bertindak sebagai bendahara umum daerah, pengelolaan barang milik daerah dan pelaksanaan tugas pejabat penyelesaian kerugian daerah oleh kepala SKPD selaku BUD.

Lanjut Syahrul juga mengatakan, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019, tentang sistem informasi Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur perencanaan pembangunan daerah serta sedang dalam tahap penyusunan Permendagri tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah pengganti Permendagri 13 Tahun 2006.

“Tentunya ini akan menjadi tantangan bagi kita semua yang terlibat dalam pengelolaan keuangan daerah untuk tidak ketinggalan terhadap setiap perubahan yang terjadi, karena kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan merupakan salah satu kondisi yang wajib dipenuhi apabila kita ingin mempertahankan Opini WTP dan tidak di kenakan sanksi pemotongan hingga penundaan pendapatan transfer dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Syahrul juga mengatakan BPKAD akan terus memperbaiki kinerja pelayanan terhadap SKPD dalam bentuk perbaikan pelaksanaan Simda Online, Persiapan Kerjasama Kasda Online dengan pihak Bank, Penetapan kantor kas daerah di wilayah Kerja BPKAD.

“Saya berharap perubahan ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk dapat meningkatkan kapabilitas kita dalam pengelolaan keuangan daerah dan dapat melakukan pengelolaan keuangan daerah secara transparan, objektif, akuntabilitas, dan tepat waktu,” kata Syahrul.

Usai upacara dilanjutkan penyerahan bantuan Korpri kepada anggota Korpri secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dan diakhiri dengan foto bersama.

Dalam Peringatan Hari Kesadaran Nasional ini turut dihadir, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs.Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah serta diikuti seluruh ASN dan Honorer Se-Kota Tanjungpinang. (Red/Hum).

Email Autoresponder indonesia
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan ""