Daerah Yang Dilalui Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

1 komentar 722 views

Tanjungpinang, (TK) – Gerhana matahari total yang diprediksi akan terjadi besok dinanti oleh banyak kalangan, ada berbagai pendapat yang terdengar baik di media sosial, maupun di forum-forum yang tersedia di website, hal tersebut termasuk jadwal dimana saja akan terjadi atau bisa dilihat dengan mudah.

Mengingat peristiwa GMT ini merupakan peristiwa alam yang langka, maka sebagian netizen berpendapat seharusnya peristiwa alam ini, disambut dengan sholat gerhana, dan peristiwa GMT bukanlah sesuatu yang harus dibesar-besarkan, namun ada juga rumor yang berkembang bahwa persitiwa alam seperti ini juga biasanya dibarengi dengan bencana alam yang dahsyat, mana yang benar dari pendapat yang sedang berkembang tersebut, kita sama-sama saksikan saja besok, apa yang akan terjadi di bumi Indonesia yang mendapat spesial moment dilalui garis jalur gerhana matahari total.

Sebagaimana yang kami kabarkan sebelumnya, karena keistimewaan tersebut, moment ini dimanfaatkan oleh pebisnis pariwisata dalam menarik pengunjung sebanyak banyaknya, terutama pelancong yang berasal dari luar negeri, hotel-hotel dan penginapan sederhana di beberapa daerah yang menjadi titik lintasan Gerhana Matahari Total (GMT), laris sekali, bahkan para turis sudah memesannya jauh hari, selain itu kementrian pariwisata juga tidak tinggal diam melakukan berbagai persiapan guna memanfaatkan moment langka ini.

Anda tentu penasaran daerah mana saja yang dilewati oleh GMT 2016, seperti dilansir dari liputan6.com, peristiwa GMT kali ini melalui 12 provinsi di Indonesia, namun meski dilalui oleh provinsi tersebut, hanya Sembilan titik saja yang menjadi pusat pengamatan yaitu: Jembatan Ampera, Palembang; Pulau Bukulimau; Pantai Tambak; Bukit Tangkiling; Gumbasa, Palu; Desa Kalora, Poso; Parigi Moutong; Desa Tomoli; Pulau Plum, Maluku Utara.

Sementara itu untuk 12 provinsi yang dilaui GMT tersebut adalah, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Sumatera Barat. Durasi paling lama, Kota Maba, Kab Halmahera Timur, Maltara, 3 menit 17 detik. Kota Luwuk, Kab Banggai, Sulawesi Tengah, 2 menit 50 detik. Kota Ternate Maltara, 2 menit 45 detik.

Inilah tampilkan tabel gerhana matahari total yang kami kutip dari kemristekdikti, silahkan simak gambar tabel dibawah ini.

Daerah yang dilalui pada Gerhana Matahari

Tabel Informasi terkait GMT di beberapa kota di Indonesia untuk esok hari – Foto : Kemristekdikti, share @kemristekdikti.  (AFRIZAL).

Email Autoresponder indonesia
author
Satu Respon
  1. PLN Minta Maaf, Pemadaman Listrik Akibat Faktor Alam4 tahun ago

    […] Daerah Yang Dilalui Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 […]

    Balas

Tinggalkan pesan "Daerah Yang Dilalui Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016"